Unggulan

Penanggungjawab : Prof.dr.H. Prawito Singodimedjo, SpB.,SpU

 

A.    PELAYANAN BATU SALURAN KEMIH
1.      ESWL

ESWL ( Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) dapat diartikan pemecahan batu dengan gelombang kejut yang ditransmisikan dari luar tubuh.

ESWL merupakan suatu terapi non invasif karena sama sekali tidak memerlukan pembedahan atau memasukan alat tidak melalui saluran yang sudah ada dan sama sekali tidak melukai kulit dengan pisau operasi.Dan ESWL alatnya menempel di kulit.
2.      PCNL

Ubtuk kasus-kasus tertentu di mana ukuran batunya cukup besar sehingga tidak bisa diatasi dengan ESWL, terapinya mennggunakan Percutaneous Neprolithotripsy (PCNL). Alat ini dimasukan ke dalam ginjal sehingga kelihatan batunya. Selanjutnya batu dipecah dengan gelombang ultrasonic. Kemudian pecahan batu dilekuluarkan dengan jalur yang dibuat sebelum memasukkan alat PCNL.

B.     PENANGANAN KELAINAN PROSTAT

1.      TURP

Terapi yang paling banyak dilakukan pada pasien yang mengalami pembesaran prostat adalah dengan operasi tertutup yang disebut Prostatektomi Reseksi Transurethral yaitu operasinya tanpa ada sayatan di kulit, kelenjar prostat di potong sedikit demi sedikit lewat saluran uretra sehingga memungkinkan perawatan di rumah sakit lebih pendek.

Komplikasi operasinya dapat berupa pada ejakulasi air mani membalik masuk ke kandung kencing, ngompol, dan angka kejadiannya kecil dan striktur uretra seperti pada operasi cara terbuka.


CAPD

CAPD adalah terapi pengganti ginjal yang mempergunakan peritoneum pasien sendiri sebagai membran semi permiabel. CAPD dilaksanakan mandiri oleh pasien baik di rumah. Umumnya tanpa menggunakan mesin. Pada keadaan tertentu dapat dilakukan secara otomatis (Automated Peritoneal Dialysis/ APD) dengan menggunakan peralatan khusus.

CAPD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *